• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Instructional Video Berbasis Multimedia untuk Materi Sistem Koordinat

    Thumbnail
    View/Open
    85_94 PERY Z, IRMAWATI.pdf (383.2Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Zakaria, Pery
    Ismail, Sumarno
    Kiu, Irmawaty Pebrianni I.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seorang guru idealnya harus mampu mengelola proses pembelajaran yang dapat memotivasi, kreatif, serta inovatif untuk menciptakan perangkat pembelajaran yang baik untuk peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran instructional video berbasis multimedia untuk materi sistem koordinat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa media instructional video untuk sub materi sistem koordinat pada titik. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan deskriptif dan dengan model pengembangan 4D (four D models), yang meliputi 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Tahap penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-1 di SMP Negeri 1 Limboto. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan media instructional video berbasis multimedia adalah valid, peserta didik memberikan respon positif dengan rata-rata 98%, dan tes hasil belajar memberikan informasi bahwa 83% peserta didik yang mencapai syarat ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa media instructional video berbasis multimedia dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai media pembelajaran yang baik di kelas VIII SMP, dengan didukung oleh perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara konstruktif. Media ini memiliki peran dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap penguasaan materi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6000
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV