Penerapan Kegiatan Champion Day sebagai Upaya Meningkatkan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus di TK Lazuardi Kamila Banjarsari Surakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan Champion Day
dalam meningkatkan perkembangan emosi anak Penelitian ini dilakukan di TK
Lazuardi Kamila, Banjarsari Surakarta, dimana anak kelompok B merupakan subjek
penelitian tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif
termasuk dalam penelitian studi kasus. Tujuan penelitian studi kasus adalah untuk
mengetahui secara mendalam tentang suatu gejala. Penelitian ini menggunakan metode
pengumpulan data berupa wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan
angket/kuisioner sebagai data pelengkap. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kegiatan
Champion Day merupakan kegiatan pendukung anak untuk mengembangkan aspek
perkembangan anak. (2) Kegiatan Champion Day bertujuan untuk memotivasi anak
baik dalam berinteraksi, berperilaku, disiplin. (3) Kegiatan Champion Day memiliki
manfaat agar anak memiliki kemauan dalam mengubah dan membentuk, serta menahan
emosi yang tidak dikehendaki lingkungan sekitar. (4) Kegiatan Champion Day mampu
memberikan pengaruh dalam mengembangkan emosi anak.