Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Muatan Lokal
Abstract
Derasnya arus globalisasi berdampak pada semua aspek kehidupan bangsa yang salah
satunya berupa terkikisnya rasa kecintaan terhadap budaya lokal. Salah satu dampak
yang dirasakan adalah dampak globalisasi terhadap pendidikan dan pengajaran
bahasa asing (Inggris) karena mengajarkan bahasa sekaligus mengajarkan budaya
bahasa tersebut. Sementara itu, dalam Permendikbud No. 67 Th 2013 tentang
kurikulum SD dituliskan bahwa Mata Pelajaran SD/MI terdiri dari dua kelompok,
kelompok A dan kelompok B. Mata pelajaran Kelompok B adalah kelompok mata
pelajaran muatan lokal yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi
dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah. Sehubungan dengan
permasalahan di atas, salah satu cara mengantisipasi akibat buruk globalisasi, dapat
dilakukan pengintegrasian kearifan lokal di dalam mata pelajaran muatan lokal karena
mata pelajaran muatan lokal sarat dengan potensi lokal daerah yang bersangkutan.
Tulisan ini mengkasi tentang bagaimana mata pelajaran muatan lokal yang digali dari
kearifan lokal dapat berperan serta memberikan penguatan karakter kepada perserta
didik untuk menjembatani dampak globalisasi.