• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran Berkarakter Antikorupsi Berbantuan Film (Pankorfi) pada Mata Pelajaran PKn

    Thumbnail
    View/Open
    8_Ferry Aristya.pdf (102.4Kb)
    Date
    2015-05-09
    Author
    Aristya, Ferry
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemberantasan korupsi tidak cukup dilakukan pemerintah melalui penegakan hukum semata tetapi perlu dukungan semua pihak. Salah satunya melalui pendidikan antikorupsi. Berdasarkan hasil field study di SDN Kalimacan 1, SDN Krikilan 1, dan SDN Jetiskarangpung 1 belum ada pembelajaran antikorupsi. Pembelajaran yang masih didominasi aspek kognitif kurang mampu membentuk karakter siswa dalam hal ini sikap antikorupsi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk model PANKORFI, mengkaji penerapan model PANKORFI, dan menganalisis hasil belajar siswa setelah penerapan model PANKORFI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jetiskarangpung 1 untuk uji terbatas, siswa kelas IV SDN Krikilan 1 sebagai kelas kontrol, dan siswa kelas IV SDN Kalimacan 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi, skala sikap, angket, dan lembar validasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis instrumen soal tes, dan uji banding dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan produk model PANKORFI telah memenuhi kriteria valid dan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Model PANKORFI mampu mendorong pembelajaran efektif ditinjau dari analissi uji-t hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan rata-rata 84,7 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-rata 78,5. Saran yang direkomendasikan adalah model PANKORFI perlu diterapkan untuk penanaman nilai-nilai antikorupsi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6015
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV