• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran IPA

    Thumbnail
    View/Open
    5_Anatri Desstya.pdf (73.37Kb)
    Date
    2015-05-09
    Author
    Desstya, Anatri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan suatu proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan, yang dilaksanakan melalui proses pengajaran dengan guru sebagai pelaku utamanya. Seorang guru yang berkepribadian tinggi dan berkarakter kuat akan menjadi teladan bagi siswanya. Guru yang bisa membangkitkan keingintahuan siswa yang tinggi akan memberikan sesuatu yang sangat berarti bagi siswa, terutama dalam mata pelajaran IPA. IPA pada hakikatnya merupakan suatu produk yang diperoleh melalui serangkaian proses ilmiah sebagai pembentuk sikap ilmiah. Karakter bisa dibentuk dan diperkuat melalui proses pendidikan, baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Seorang siswa SD berada pada tahap operasional konkret, yang masih membutuhkan sesuatu yang bersifat nyata untuk menolong pengembangan kemampuan intelektualnya. Makalah ini bertujuan untuk mengulas tentang penguatan karakter siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPA. Metode penulisan artikel kajian ini merupakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan pada hasil pengamatan, pengalaman, dan kajian kepustakaan. Kesimpulan dari kajian ini adalah: (1) IPA dapat dibelajarkan di sekolah dasar melalui cara-cara yang mencerminkan hakikat IPA, (2) Peran guru dalam membentuk karakter dimulai dengan membangkitkan keingintahuan yang amat besar dari siswa. (3) Penguatan karakter siswa SD melalui pembelajaran IPA dapat dilakukan mulai dari kelas rendah sampai kelas tinggi dengan pendekatan inquiri, Salingtemas, CTL, dan Ketrampilan Proses Sains (KPS).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6018
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV