• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peranan Guru dalam Mengidentifikasi Masalah Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Bentuk Bimbingannya

    Thumbnail
    View/Open
    31_Siti S.Fadhilah.pdf (76.58Kb)
    Date
    2015-05-09
    Author
    Fadhilah, Siti S
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sekolah Dasar (SD) merupakan tempat memberikan dasar ilmu pengetahuan, untuk memperoleh pendidikan selanjutnya. SD sebagai landasan (fundamentals) untuk mengembangkan potensi dasar sebagai titik awal untuk menuju pendidikan lanjutan. Di samping itu SD diharapkan memberikan bekal hidup minimal, agar peserta didik dapat menyesuaikan diri di masyarakat atau di sekolah lanjutan sesuai dengan citacitanya. Di dalam meraih cita-cita kadang-kadang peserta didik menghadapi berbagai masalah, lebih-lebih di saat krisis ekonomi dan moneter sampai saat ini. Masalahmasalah tersebut berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan peserta didik di SD. Agar peserta didik di SD dapat berkembang secara optimal dan dapat tercukupi kebutuhannya, perlu adanya upaya ke arah itu untuk menylesaikannya. Setiap peserta didik mempunyai kebutuhan yang sama tetapi berbeda proporsinya, sesuai tingkat kebutuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut guru sebagai pengajar, pendidik dan pembimbing perlu memahami setiap peserta didik. karena masing-masing memiliki perbedaan yang bersifat individual. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut di atas, menunjukkan betapa pentingnya peranan guru di Sekolah Dasar dalam membantu peserta didik mengembangkan potensi kejiwaannya yang telah didapatkan di dalam keluarga.Guru Sekolah Dasar yang mempunyai tugas uatama mengajar, mendidik dan membimbing perlu berupaya membantu memecahkan kesulitan belajar pada peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6055
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV