• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    30_Saring Marsudi.pdf (100.6Kb)
    Date
    2015-05-09
    Author
    Marsudi, Saring
    Nur’aini, Enggar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 2) petugas yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan, 3)tujuan kegiatan Hisbul Wathan, 4) bentuk-bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan karakter, 5) kandungan nilai karakter dari kegiatan Hisbul Wathan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian piskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang diperoleh dari sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan dapat menanamkan pendidikan karakter dan ada kurikulum yang mengaturnya. 2) Sebagai pengelola Hisbul Wathan adalah guru yang mendapatkan SK dari kepala sekolah. 3)Tujuan kegiatan Hisbul Wathan mendidik siswa agar memiliki karakter berbudi lihur, berjiwa nasionalisme dan melaksanakan islam yang sebenar-benarnya. 4) Bentuk-bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan karakter adalah peraturan baris berbaris, kemah, tali-temali, membuat yel-yel, kegiatan keagamaan, semaphore, dan permainan tepuk-tepuk. 5) Kandungan nilai karakter dari kegiatan Hisbul Wathan meliputi aspek religious, disiplin, erja keras, kreatif, tanggung jawab, mandiri, bersahabat, berani.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6056
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV