• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Layanan Bimbingan Konseling di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    25_Nur Ratna Juwita.pdf (89.82Kb)
    Date
    2015-05-09
    Author
    Juwita, Nur Ratna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    SD Muhammadiyah Program Khusus merupakan satu dari sekian banyak SD Muhammadiyah yang berada di kota Surakarta. Hadir dan berkembang diharapkan memberi wacana untuk alternatif layanan bimbingan konseling bagi warna pendidikan, meskipun dalam skala yang mikro. Tujuan diadakannya pelayanan bimbingan dan konseling SD Muhammadiyah PK adalah untuk membantu memandirikan peserta didik dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki agar berkembang secara optimal. Sesuai dengan Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan dasar dan Menengah ,maka semakin kokoh kedudukan bimbingan dan konseling di sekolah terutama pada pendidikan dasar dan menengah. Terbitnya Permendikbud tersebut menandai bahwa di SD perlu diangkat konselor atau guru khusus yang memberikan layanan Bimbingan Konseling bagi peserta didik. Dalam bidang layanan bimbingan konseling SD, salah satu masalah yang dihadapi dan banyak diperbincangan adalah pelaksanaan bimbingan konseling di SD yang masih belum banyak guru BK yang dialokasikan secara khusus. Banyak kita jumpai guru kelas atau wali kelas sebagai guru BK, sehingga secara tidak langsung guru kelas diharapkan sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memberikan layanan sesuai dengan kesempatan dan kemampuan. Perlunya strategi kreatif seyogyanya mampu mensinergikan layanan operasional bimbingan konseling sesuai dengan jalur yang telah jelas serta menyeimbangkan dengan kondisi sekolah masing-masing. Dengan melakukan trobosan dalam pengumpulan data informasi peserta didik diharapkan menjadi modifikasi layanan bimbingan dan konseling secara komprehensif dalam artian yang luas. Hal tersebut mengingat bayak di jumpainya kebutuhan akan layanan responsif bimbingan di SD bertolak dari kebutuhan dan perkembangan siswa dan temuan lapangan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6061
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV