Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Ida Yeni
dc.date.accessioned2015-12-18T02:29:25Z
dc.date.available2015-12-18T02:29:25Z
dc.date.issued2015-11-19
dc.identifier.citationBambang, Ismoyo. 2005. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Instalasi Listrik Pada Kompetensi Instalasi Tenaga.” Laporan Penelitian. PT Elektro FT UNY. Borg, W.R. and Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc. Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum.Jakarta : Rineka Cipta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Depdibud. Gall, Meredith D., Joyce P. Gall. & Walter Borg. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Allyn and Bacon. Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta. Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Subyakto, Utari, dan Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Tarigan, Henry Guntur. 1991. Metode Pengajaran Bahasa: Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: CV. Sinar Baru Bandung. Widharyanto. B, Pranowo, Yuliana, dkk . 2003. Student Active Learning. Sebagai Salah Satu Pendekatan Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Wiedarti, Pangesti. 2010. Makalah Perkembangan Bahasa Indonesia pada Tahun 2015 Komunitas ASEAN. Yogyakarta.in_ID
dc.identifier.issn2477-363X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6386
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik. Topik yang digunakan ialah transportasi di Indonesia. Hasil penelitian ini ditinjau dari kualitas isi, tujuan, instruksional, dan teknis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (research and development). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data adalah analisis deskriptif dan analisis isi. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Skor-skor yang diperoleh dari angket dideskripsikan menggunakan teknik deskriptif rata-rata (mean), selanjutnya hasilnya dijelaskan secara kualitatif. Mean dianalisis untuk setiap butir pernyataan yang dikembangkan dengan komik. Simpulan penelitian ini, berdasarkan hasil pengujian dan pembahasan penilaian yang diberikan oleh ahli media pembelajaran. Skor yang diperoleh ialah persentase total sebesar 16,344 %. Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase total sebesar 372,447 %. Persentase yang didapat dari kedua ahli tersebut mengindikasikan media pembelajaran komik yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat dasar. Berdasarkan analisis angket hasil dari uji coba kepada murid, dapat disimpulkan bahwa belajar menggunakan komik lebih mudah dan mendapatkan banyak informasi. Dengan demikian komik terbukti layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing tingkat dasar di lembaga Alam Bahasa Yogyakarta.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkomikin_ID
dc.subjectBIPAin_ID
dc.subjecttingkat dasarin_ID
dc.titlePengembangan Komik dengan Topik Transportasi di Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Dasar di Lembaga Alam Bahasa Yogyakartain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record