Show simple item record

dc.contributor.authorMargono, Gaguk
dc.date.accessioned2015-12-21T02:48:00Z
dc.date.available2015-12-21T02:48:00Z
dc.date.issued2014-05-24
dc.identifier.citationAnnonymous. “Welcome to Factor Analysis,” http:/www.csbs.utsa.edu/social&policy/soc/masters/factoranal.htm. (diakses 5 November 2012). Child, Dennis. (1969). The Essential of Factor Analysis. London, Hold, Rinehart, and Winston. Cohen, L., dan Manion, L. (1989). Research Methods in Education. London: Routledge. De Vaus, D. A. (1991). Surveys in Social Research, Third edition. Sydney: NSW: Allen & Unwin Pty Ltd. Decker, I. (1997). “Reliability and Validity,” http://jan.ucc.nau.edu/~mezza/nur390/Mod4/reliability/lesson.html. Gable, R. K. (1986). Instrument Development in the Affective Domain. Boston: Kluwer Nijhoff Publishing. Hadi, S. (2001). Metodologi Research, Jilid 2. Yogayakarta: Penerbit Andi. Harman, H. H. (1976). Modern Factor Analysis. Chicago: The University of Chicago Press. Heise, D. R. (1999). The Semantic Differential and Attitude Research, http://www.indiana.edu/~socpsy/papers/AttMeasure/attitude.htm. Henerson, M. E., Morris, L. L., and Fitz-Gibbon, C. T. (1978). How to Measure Attitudes. Beverly Hills, CA: Sage Publications, Inc. Isaac, S. & Michael, W. B. (1985). Handbook in Research and Evaluation: For Education and the Behavioral Sciences. San Diego, CA: Edits Publishers. Litwin, M. S. (1995). How to Measure Survey Reliabity and Validity. London: Sage Publications. Loehlin, J. C. (1987). Latent Variable Models: An Introduction to Factor Path, and Structural Analysis. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Aassociates, Inc. McDonald, R. P. (1985). Factor Analysis and Related Methods. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates Publishers. Mudjiarto, R., dan Krips, F. J. (1995). Statistika Fisika I. Bandung: Penerbit ITB. Naga, D. S. (1992). Teori Sekor. Jakarta: Gunadarma Press. Norusis, M. J. (1993). SPSS© for Windows: Professional Statistics, Release 6.0. Chicago: SPSS Inc. Sevilla, C. G., Ochave, J. A., Punsalan, T. G., Regala, B. P., dan Uriarte, G. G. (1993). Pengantar Metode Penelitian, terjemahan Alimuddin Tuwu. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia. Smith, L. (31-Mar-1998). “Measurement Theory,” http://www.curtin.edu.au/psych/units/04686/mt2.htm. Suryabrata, S. (2000). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi Offset. Suryanto. (1988). Metode Statistika Multivariat. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tjalla, A. (1999). “Pengujian Validitas Instrumen Dengan Analisis Faktor,” Jurnal Ilmiah Psikologi “ARKHE,”, 4(7), 57-68. Wiersma, W. (1986). Research Methods in Education: An Introduction. Boston: Allyn and Bacon, Inc. Yaffe, R. A. (6 December 2000). “Common Correlation And Reliability Analysis with SPSS for Windows,” http:/www.nyu.edu/its/socsci/Docs/correlate.html. (diakses 10 November 2012).in_ID
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6421
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen pengukur sikap terhadap Statistika pada mahasiswa Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Prodi PEP), Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) dengan menggunakan skala diferensial semantik. Skala sikap diferensial semantik merupakan skala suatu instrumen yang digunakan dalam menilai suatu konsep perangsang pada seperangkat skala bipolar tujuh langkah dari satu ujung sampai dengan ujung yang lain dalam rangkaian kesatuan dan terdiri dari tiga dimensi yakni evaluasi, potensi, dan aktivitas (EPA). Instrumen ini telah diuji cobakan kepada 133 mahasiswa Prodi PEP PPs UNJ. Hasil validasi dengan menggunakan analisis faktor metode eksploratori Principal Component Analysis (PCA), sesuai dengan jumlah faktor yang diestimasikan secara teoretis. Dengan menggunakan metode konfirmatori Maximum Likelihood (ML) untuk menguji kesesuaian goodness of fit test diperoleh indeks x2 sebesar 55,996 disimpulkan data berdistribusi normal multivariat. Jadi dapat disimpulkan bahwa instrumen pengukur sikap terhadap Statistika menggunakan analisis faktor dan reliabilitas konsistensi internal theta diperoleh hasil yang sesuai dengan jumlah faktor yang telah diestimasikan secara teoretis. Uji coba selanjutnya diharapkan dengan menggunakan skala lain guna membakukan instrumen sehingga dapat dipakai untuk mengukur sikap terhadap Statistika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectskala sikap diferensial semantik terhadap Statistikain_ID
dc.subjectanalisis faktorin_ID
dc.titlePengembangan Instrumen Sikap Terhadap Statistika Menggunakan Skala Diferensial Semantikin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record