Ibrahim-Kun: Penanggulangan Tawuran Melalui Pelatihan Peningkatan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Laki-Laki Berbasis Keteladanan Terhadap Nabi Ibrahim (Studi Pendahuluan)
View/ Open
Date
2015-06-13Author
Amani, Zata
Nainggolan, Widya
Yudhani, Eri
Dhawy, Afif
Kuriawan, Irwan Nuryana
Baroroh, Ema Zati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk menguji pengaruh seri pertama pelatihan berbasis keteladanan Nabi Ibrahim ini dalam meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Sehingga penelitian ini dapat menjadi sarana preventif dapat mengurangi kecenderungan mereka untuk melakukan tawuran. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah diprediksikan kecerdasan emosi siswa setelah mengikuti pelatihan “Ibrahim-Kun lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan. Penelitian ini melibatkan 19 Siswa laki-laki, 63,2 % berusia 16 tahun, dan beragama Islam di sebuah SMA X di Jogjakarta. Untuk mengungkap efek dari pelatihan tersebut maka peneliti mengunakan skala kecerdasan emosi (α=0,866; N=17 aitem). Berdasarkan hasil analisis paired sample t-test (t= -3.004; p=0.008 atau p < 0,05) dan hasil estimasi effect size ( r=0,57), maka intervensi Ibrahim-kun 1 ini termasuk dalam high effect size (a fairly substantial effect) karena mampu menjelaskan 33,39 % varian kecerdasan emosi. Temuan, keterbatasan dan berbagai rekomendasi dalam penelitian ini juga akan didiskusikan.