Penerapan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi Tahun Ajaran 2013/2014
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertunjuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan strategi
embelajaran Inside Outside Circle (IOC) kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1
)l"gawi tabun ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
meliputi 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Banyubiru 1
)l"gawi yang terdiri dari 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif ya ng
terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA , dengan enerapan strategi
pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) sebagai upaya meningkatkan
k eaktifan siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi tahun ajaran 2013/ 2 014.
Hal ini dapat dilibat dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, rata-rata
keaktifan siswa sebelum tindakan 40,62%. Setelab dilaksanakan tindakan rata-rata keaktifan siswa
sebesar 65,62% pada siklus I, dan pada akhir tindakan sebesar 86,45% pada siklus II. Selain
keaktifan siswa meningkat, basil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilibat basil belajar
siswa sebelum tindakan sebesar 45,83%, setelah dilaksanakan tindakan hasil belajar siswa sebesar
66,67% pada siklus I, dan akbir tindakan basil belajar siswa sebesar 87,50% pada siklus II.
Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat
meningkatkan keaktifan siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi.