• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi Tahun Ajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    prosidng ums 2014 lengkap baruuu.pdf (8.979Mb)
    Date
    2014-05-03
    Author
    Minsih
    Puspitasari, Widyaningtyas Niken
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abstrak Penelitian ini bertunjuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan strategi embelajaran Inside Outside Circle (IOC) kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 )l"gawi tabun ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Banyubiru 1 )l"gawi yang terdiri dari 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif ya ng terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA , dengan enerapan strategi pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) sebagai upaya meningkatkan k eaktifan siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi tahun ajaran 2013/ 2 014. Hal ini dapat dilibat dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, rata-rata keaktifan siswa sebelum tindakan 40,62%. Setelab dilaksanakan tindakan rata-rata keaktifan siswa sebesar 65,62% pada siklus I, dan pada akhir tindakan sebesar 86,45% pada siklus II. Selain keaktifan siswa meningkat, basil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilibat basil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 45,83%, setelah dilaksanakan tindakan hasil belajar siswa sebesar 66,67% pada siklus I, dan akbir tindakan basil belajar siswa sebesar 87,50% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6646
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV