• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB

    Thumbnail
    View/Open
    5_142_Makalah Rev Gendis Murpratiwi.pdf (707.1Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Murpratiwi, Gendis
    Nusantara, Toto
    Sa’dijah, Cholis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Materi KPK dan FPB penting sekali karena menunjang pembelajaran matematika berikutnya serta berguna dalam kehidupan sehari-hari.Namun ada beberapa siswa yang masih sering mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB.Selain itu juga bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesalahannya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Data bentuk-bentuk kesalahan siswa diperoleh dari hasil tes tulis (satu soal cerita KPK dan satu soal cerita FPB) yang dilakukan oleh 20 siswa SMP.Kemudian dipilih satu siswa dari tiap-tiap bentuk kesalahan untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 1 siswa menentukan penyelesaian semua soal menggunakan KPK, 1 siswa menentukan penyelesaian semua soal menggunakan FPB, 3 siswa menentukan penyelesaian terbalik (soal KPK diselesaikan menggunakan FPB dan sebaliknya), 2 siswa menentukan nilai KPK dan FPB terbalik (menentukan nilai KPK dengan prosedur FPB dan sebaliknya), 5 siswa menentukan nilai KPK dan FPB tidak sesuai prosedur, dan 8 siswa menjawab dengan benar. Siswa yang salah menentukan penyelesaian disebabkan kesulitan membedakan soal cerita KPK dan FPB. Siswa yang salah menentukan nilai KPK dan FPB disebabkan siswa tidak mengetahui cara menentukan nilai KPK dan FPB
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6941
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV