• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Open Ended

    Thumbnail
    View/Open
    6_100_Makalah Rev Heri Kuswanto.pdf (452.7Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Kuswanto, Heri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide atau cara baru dalam menyelesaikan dan menghasilkan suatu produk. Dalam proses pembelajaran matematika berpikir kreatif sangat diperlukan untuk dapat mengembangkan kreatifitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari berbagai aspek diantaranya munculnya pertanyaan untuk peninggian harapan dan antisipasi; menggali informasi yang ada; menguraikan secara hati-hati dan sistematik terhadap informasi yang tersaji; menyiapkan secara fisik terhadap informasi yang dipresentasikan; memperdalam kesadaran tentang masalah, kesulitan dan kesenjangan informasi; mendorong sifat-sifat atau kecenderungan pribadi kreatif; dan mempertinggi kepedulian dan hasrat ingin tahu. Kajian teori ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam proses pembelajaran matematika. Dalam kajian teori dan bedah jurnal yang telah dilakukan, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat dikembangkan melalui pendekatan Open–Ended problem dan model pembelajaarn berbasis masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Hal ini disebabkan karena dengan model pembelajaran CPS ini siswa akan lebih dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran dan dapat menumbuh kembangkan keterampilan berfikirnya karena siswa dituntut untuk mengeluarkan ide – ide penyelesaian masalah baik secara individu maupun kelompok dalam proses pembelajaran
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6942
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV