Show simple item record

dc.contributor.authorNarulita, Della
dc.contributor.authorMasduki
dc.date.accessioned2016-03-30T02:51:26Z
dc.date.available2016-03-30T02:51:26Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationHidayat, Wiwin Sri. 2010. “Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Program Linier Peserta Didik Kelas XI SMK Tribuana Jombang.” Jurnal Pendidikan Matematika (1)2: 67-72. ISSN: 2086-3330. Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia. Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Moma, La. 2004. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI SD dalam Menyelesaikan Soal Pengukuran Panjang.” Jurnal MIPA 14(1): 24-31. ISSN: 0853-3016. Rindyana, Bunga Suci Bintari dan Chandra, Tjang Daniel. 2012. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman.” Jurnal online. Ulifa, Siti Nur dan Effendy, Dzulkifli. 2014. “Hasil Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi.” Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo 2(1): 123-133. ISSN: 2337-8166.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6955
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan dan faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal aljabar fungsi pada pokok bahasan menentukan bentuk fungsi dan grafik fungsi. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif diskriptif. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) kesulitan siswa dalam menghitung meliputi kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi perhitungan dengan jawaban yang kurang tepat; (2) kesulitan siswa menafsirkan simbol meliputi kesulitan siswa dalam memahami simbol dan siswa kurang mencermati apa yang ditanyakan dalam soal; (3) kesulitan siswa memahami materi meliputi kurangnya pemahaman siswa terhadap materi fungsi khususnya pokok bahasan grafik fungsi. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan meliputi kurang teliti, terburu – buru, dan kesulitan siswa dalam memahami daerah hasil.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKesulitanin_ID
dc.subjectAljabar fungsiin_ID
dc.subjectGrafik fungsiin_ID
dc.titleKesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Fungsiin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record