Show simple item record

dc.contributor.authorWijayanti, Septiana
dc.contributor.authorSyaifudin, M. Wahid
dc.date.accessioned2016-03-31T01:39:09Z
dc.date.available2016-03-31T01:39:09Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationBarnes, H. (2004). Realistic Mathematics Education: Eliciting Alternative Mathematical Conceptions Of Learners. African journal of research in SMT education. 8 (1). 53-64. doi: 10.1080/10288457.2004.10740560 Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media Dickinson, P. Eade, F. Gough, S. Hough, S. (2010). Using Realistic Mathematics Education With Low To Middle Attaining Pupils In Secondary Schooldalam M. Joubert and P. Andrews (Eds). Proceedings Of The British Congress For Mathematics Education. Held at Manchester Metropolitan University Institute of Education, British, April 2010. Diakses dari https://www.researchgate.net/profile/Frank_Eade/publication/26648722 9_Using_Realistic_Mathematics_Education_with_low_to_middle_attain ing_pupils_in_secondary_schools/links/54b7bdb70cf2bd04be33c4e0.pdf Ozdemir, E. dan Uzel, D. (2011). The Effect Of Realistic Mathematics Education On Student Achievementand Student Opinions Towards Instruction. Journal Of Education. 40, 332-343 Hadi, Sutarto. (2005). Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip Rahmawati, Noviana Dini. (2011). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri SeKabupaten Grobogan.Prosiding Seminar Nasional Matematika. Diselenggrakan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta, 24 Juli 2011 (hal.98 – 110) Surakarta: Muhammadiyah University Press. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/574/MAKNOVIANA-%2898-110%29.pdf?sequence=1 Rambitan, Vandalita M. dan Kusumawati, Yunita Dwi. (2014). Perbedaan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Fotosintesis. Prosiding Seminar Nasional Sains & Enterpreunership. Diselenggarakan oleh Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang, Juni 2014 (hal. 111 – 120). Semarang: Universitas PGRI Semarang. Diakses dari http://prosiding.upgrismg.ac.id/index.php/entrepreneur_2014/entrepreneu r_2014/paper/viewFile/376/328 Sudjana, Nana. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Trisnawati dan Astuti, Dwi. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mthematics Education (RME) di SMP Negeri 1 Muntilan. Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia yang Lebih Baik: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Diselenggrakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 9 November 2013 (hal. 609 – 616). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd= 1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiN69WTm6_LAhXDnqYKHcIbBco QFggdMAA&url=https%3A%2F%2Fcore.ac.uk%2Fdownload%2Fpdf% 2F18454339.pdf&usg=AFQjCNHK7ajkqUey3P44gaYo15QlE157cg&si g2=fHc8W-GKiSEtIfwFU6HO3A Wyk, M.M.V. (2011). The Effects Of Teams Games Tournaments On Achievement, Retention, and Attitudes Of Economics Education Students. Journal Social Science. 26. (3), 183-193. Diakses dari http://www.krepublishers.com/02-Journals/JSS/JSS-26-0-000-11Web/JSS-26-3-000-11-Abst-PDF/JSS-26-3-183-11-1132-Van-Wyk-MM/JSS-26-3-183-11-1132-Van-Wyk%20-M-M-Tt.pdfin_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6963
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)denganpendekatanRealistic Mathematics Education (RME) atau model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Geyer Kabupaten Grobogan. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji coba instrumen tes prestasi belajar meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas populasi menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas variansi populasi menggunakan metode Barlett. Setelah melakukan perhitungan, diperoleh simpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Pada kemampuan awal dilakukan uji keseimbangan dengan menggunakan analisis variansi satu jalan. Teknik analisis datamenggunakanuji komparasi antar model pembelajaran dengan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT denganpendekatan RME memberikanhasil yang lebihbaikdibandingkanmodel pembelajaran TGT. Hal ini berarti model pembelajaran TGT denganpendekatan RME lebih efektif daripada model pembelajaran TGT.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectTGT dan RMEin_ID
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Pendekatan Relistic Mathematics Education Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record