• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesulitan Siswa Smp Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan dan Solusi Pemecahannya

    Thumbnail
    View/Open
    26_39_Makalah Rev Lina Utami.pdf (703.2Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Utami, Lina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan makalah ini adalah menganalisis kesulitan siswa smp kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan dan solusi pemecahannya. Materi bilangan merupakan materi yang fundamental. Karena materi ini berkorelasi positif dengan materi lain. Jika siswa belum mempunyai kompetensi dalam operasi hitung bilangan maka materi berikutnya akan menjadi permasalahan. Dalam menyelesaiakan permasalahan matematika yang berkaitan dengan materi operasi hitung bilangan siswa SMP kelas VII masih banyak yang mengalami kesalahan.Kesalahan ini diduga karena siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal. Metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu dengan metode tes dan wawancara. Populasinya adalah siswa kelasVII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan yang dialami siswa adalah: 1) Kesalahan konsep, 2) kesalahan prinsip dan 3) kesalahan prosedur. Untuk solusi pemecahannya adalah: 1) Untuk mengatasi kesalahan konsep guru dapat menggunakan pembelajaran kontekstual dengan media pembelajaran, 2) Untuk mengatasi kesalahan prinsip guru dapat menggunakan model pembelajaran Osborn Parne dan drilling soal terstruktur, 3) Untuk mengatasi kesalahan prosedure guru dapat menggunakan warming up pada apersepsi pembelajaran
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6964
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV