• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Teknik Kendaraan Ringan D (TKR D) SMK N 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    31_25_Makalah Rev Nurul Kustiyati.pdf (265.2Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Kustiyati, Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat meningkatan keaktifan belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus, karena pada siklus kedua persentase keaktifan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu >80%. Tiap siklus difokuskan pada materi persamaan kuadrat dengan model pembelajaran tipe scramble. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 2 Sukoharjo. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai subjek pemberi tindakan kelas, sedangkan siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan D (TKR D) sebagai subjek penerima tindakan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Dari hasil pengamatan sebelum tindakan diperoleh data persentase keaktifan sebesar 45,8%. Pada siklus I persentase keaktifan meningkat menjadi 62,5%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 83,34% (telah mencapai indikator keberhasilan). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe scramble dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan D (TKR D) SMK N 2 Sukoharjo.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6969
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV