• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kasus Rendahnya Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Irisan Kerucut dan Solusi Pemecahannya di Kelas XI IA 2 SMA IT Nur Hidayah

    Thumbnail
    View/Open
    48_76_Makalah Rev Putri Permata Sari.pdf (371.2Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Sari, Putri Permata
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Materi irisan kerucut merupakan materi yang sudah lama tidak masuk ke dalam silabus, 10 tahun kemudian dimunculkan kembali pada kurikulum 2013.Pada kondisi lapangan, guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi tersebut dan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal tentang irisan kerucut.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada materi irisan kerucut.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya prestasi belajar siswa pada materi irisan kerucut.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatifdengan pendekatan deskriptif kualitatif.Subyek yang diambil adalah siswa kelas XI-IA-2 SMAIT Nur Hidayah Kartasura berjumlah 2, yaitu1 berkemampuan tinggi dan 1 berkemampuan rendah.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melaui tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyebab rendahnya prestasi belajar siswa pada materi irisan kerucut, yaitu: (1) Siswa kurang memiliki motivasi belajar, (2) Materi irisan kerucut sulit untuk dipahami, (3) Rumus-rumus pada materi irisan kerucut banyak dan sulit dihafalkan, dan (4) Intuisi siswa dalam mengerjakan soal lemah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6986
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV