Problematika Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika dan Alternatif Pemecahannya
Abstract
Pendidikan khususnya di Indonesia selalu mengalami banyak penyempurnaan yang diharapkan
menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu guru perlu menguasai dan dapat
menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang meliputi pendekatan metode dan teknik
pembelajaran secara spesifik. Salah satu model pembelajaran yang dapat di terapkan yaitu model
pembelajaran think pair share. Penerapan dan penguasaan model pembelajaran think pair share
memiliki beberapa kendala yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran.
Tujuan pada penelitian ini adalah: 1)Menganalisis masalah yang terjadi dalam penerapan
pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika, 2)Menemukan
alternatif solusi dalam memecahkan masalah yang terjadi dalam penerapan pembelajaran
kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika.Metode penelitian ini adalah
metode berfikir kritis dan pengamatan langsung proses pembelajaran yang terjadi dalam
penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika dengan
jenis penelitian kualitatif pendekatan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1)Muncul beberapa masalah secara teori (hasil pemikiran) dan beberapa masalah dalam
penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika. Dari
sudut pandang teori model pembelajaran ini tidak dapat berjalan maksimal jika diterapkan secara
langsung. 2)Solusiyang ditawarkan dari segi teori diantaranya, model pembelajaran ini dilakukan
sebagai pengukur kemampuan siswa, sedangkan proses pembelajaran dapat dilakukan dengan
pembelajaran klasikal