Show simple item record

dc.contributor.authorSatria, Dhimas
dc.contributor.authorHaryadi
dc.contributor.authorArif, Ikhsan Maulana
dc.date.accessioned2016-04-22T02:25:53Z
dc.date.available2016-04-22T02:25:53Z
dc.date.issued2016-03-23
dc.identifier.citationAthaya, 2008, Tentang sepeda, http://poinmascyclingclub.wordpress.com/tentang_sepeda/, diakses tanggal 14 Januari 2015 Atmadja,D.S, 20.., Perencanaan regresi tinggi badan terhadap panjang tulang tugkai bawah : penelitian pada suatu populasi dewasa muda di Indonesia, Universitas Indonesia, Depok. Batan, I.M.L, Suhardiman, T.L dan Berata. W, 2010, Rancang bangun rangka fleskibel dalam upaya optimasi geometri rangka sepeda, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Chandry, R., 2007, Pemodelan matematika pada analisa kekuatan desain sepeda lipat akibat efek dinamis maksimal, Politeknik Negeri Padang, Padang. Gozali, A., 2012, Bahan Frame sepeda, http://allengozalicycling_blogspot.com2012/06/bahanframe-sepeda.html, diakses tanggal 26 Februari 2015 Herdanto, R., dan Batan, I.M.L, 2013, Rancang bangun sepeda multi gender, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Kurniawan, D. Dan Tristiyono, B., 2012, Desain sepeda kampus sebagai sarana penunjang mobilitas mahasiswa di dalam kampus studi kasus : Institut Teknologi Sepuluh November, Jurusan Produk Indsutri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanan, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Munawar, H.P., 2009, Aplikasi QFD (Quality Function Deployment) pada stabilitas dinamik motor full otomatis (Skuter matik), Univeritas Indonesia, Depok. Nagara, Y.T., 2010, Desain Frame sepeda listri untuk remaja SMP di daerah perkotaan dengan konep stylish dan friendly, Jurusan Desain Produk Industri, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Rachmat, A.A, 2008,” Tahapan Perancangan.”, Politeknik Bandung, Bandung. Satria, D. 2014,”Elemen Mesin 2.”,Serang: UNTIRTA PRESS. Yaphet, A.A., 2001, Analisis Pengarih variasi geometri terhadap energi kinetik yang mampu disimpan oleh flywheel pada sistem eletro mechanical KERS, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7068
dc.description.abstractDengan terus berkembangnya zaman, sepeda semakin banyak digunakan dari kalangan anak kecil hingga dewasa yang menggunakannya dan penggunaan sepeda bukan hanya sebagai alat transportasi melainkan juga seperti olahraga. Maka perlu adanya sepeda yang dapat merakyat dan mudah diterima di kalangan masyarakat dari berbagai kalangan pria maupun wanita dan juga aman untuk penggunanya. Oleh karena itu, pada penelitian ini menggunakan metode Pahl dan Beitz untuk merancang desain sepeda yang di inginkan, dimana sepeda yang diharapkan dapat dipakai oleh beberapa kalangan yaitu untuk pria atau pun wanita yang digunakan nyaman,aman dan bergaya untuk jenis frame sepeda. Dari hasil perhitungan pada perancangan frame sepeda hybrid dengan sistem KERS, jenis frame yang digunakan adalah tipe diamond yang akan dipasang flywheel, ACCU dan motor. Semua komponen batang memiliki tegangan yang lebih kecil dari tegangan desain atau nilai safety factor yang di dapat lebih besar dari 2, sehingga desain setiap batang pada frame sepeda untuk sistem Kinetic Energy Recovery System (KERS).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectFramein_ID
dc.subjectmetode Pahl dan Beitzin_ID
dc.subjectrancang bangunin_ID
dc.subjectsepedain_ID
dc.titleRancang Bangun Frame Sepeda untuk Sistem Kinetic Energy Recovery System (KERS)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record