Peran Pemerintah dan Perguruan Tinggi Dalam Pembinaan Karier Guru Dalam Jabatan
View/ Open
Date
2016-04-02Author
Harsono
Wahyudi, Tri Nur
Syah, Muhammad Fahmi Johan
Metadata
Show full item recordAbstract
Bahwa peningkatan jenjang pendidikan dan pemberikan pelatihan akan
meningkatkan profesionalisme guru, demikian juga jika profesionalisme guru
meningkat maka jenjang karier guru juga kan mengalami peningkatan. Peta
profesionalisme guru dalam berbagai penelitian berada dalam posisi sedang dan
cukup, artinya memang guru tidak ada yang memiliki skor profesionalisme tinggi
dan sangat tinggi.
Dalam kenyataannya, berbagai hal tersebut ditolak, karena peran perguruan tinggi
yang menciptkan lulusan calon guru yang melebihi kebutuhan, dan bahkan tidak
sedikit ditemukan sarjana dengan ijazah bodong. Peran pemerintah yang
dilakukan selama ini (mungkin hambatan politik dan birokrasi) telah membentuk
mental guru sangat statis, apatis, dan tidak peduli. Buktinya meskipun dilakukan
pembinaan kariersecara berjenjang mereka juga tidak bias membuat usulan
kenaikan pangkat dengan baik, sangat sulit untuk naik pangkat, bahkan tidak
tertarik untuk naik pangkat.
Kebijakan guru sebagai pembelajar diharapkan menjadikan guru sebagai personal
yang memiliki jiwa kompetitif akademik untuk proses kemajuan.