Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Tujuan penelitian mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran akuntansi
kurikulum 2013 di Sekolah Menengangah Kejuruan. Jenis penelitian research
and development. Subyek penelitian guru akuntansi SMK di Surakarta. Metode
pengumpulan data, wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data,
data display dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan
sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan pembelajaran
akuntansi kurikulum 2013 yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran
akuntansi Kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran akuntansi kurikulum
2013 dan evaluasi pembelajaran akuntansi kurikulum 2013 belum dilakukan
seluruhnya oleh guru-guru akuntansi. Masih ditemui beberapa kendala yang
dialami guru akuntansi kaitannya dengan penerapan kurikulum 2013
meliputi kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran Kurikulum
2013, kendala dalam pengelolaan proses pembelajaran akuntansi menggunakan
pendekatan scientific, maupun kesulitan dalam evaluasi otentik.