Show simple item record

dc.contributor.authorIhwanudin, M.
dc.contributor.authorPurnomo
dc.contributor.authorSuhartadi, Syarif
dc.date.accessioned2016-06-03T08:04:18Z
dc.date.available2016-06-03T08:04:18Z
dc.date.issued2016-04-02
dc.identifier.citationArwani, A. 2014. Balai Latihan Kerja Industri: Studi Tentang Peran Balai Latihan Kerja Industri Samarinda dalam Meningkatkan Kualitas Peserta Pelatihan Kerja Industri. Journal Ilmu Pemerintahan Vol. 2, No.1. 2076. Azmanirah, R., Nurfirdawati, H., Marina, I. 2013. Assessment Practices for Competency Based Education and Training in Vocational College. Jurnal Procedia Social and Behavioral Sciences vol.112.1070–1076. diakses dari http://www.sciencedirect.com. Finch, C.R., Crunkkilton, J.R. 1993. Curriculum Development in Vocational and Technical Education. Boston: Allyn & Bacon. Fitroh, H. 2010. Revitalisasi Manajemen Pelatihan Tenaga Kerja: Studi Kasus pada Balai Latihan Kerja Industri Makassar). Jurnal Administrasi Publik, Volume 1 No. 1. 78-94. Gakova, Y.V., Nikitina, E. 2014. Competency Based Approach to Effective Performance of Future Competent and Creative Translators of Professionally Oriented Texts. European Scientific Journal edition vol.10. No.8. 259-266. Hardhike, S. 2013. Manajemen Pembelajaran Berbasis Kompetensi Pelatihan Menjahit Di Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Fortuna Dukuh Siberuk Desa Siberuk Kabupaten Batang. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment Vol.2 No.2. 46-50. Kuswana, W.S. 2013. Filsafat Pendidikan Teknologi Vokasi dan Kejuruan. Bandung: Alfabeta. Masriam, B. 2014. Strategi dan Inovasi Pendidikan Kejuruan dari Kompetensi ke Koompetensi. Bandung: Alfabeta. Nuryanto, A (eds). 2013. Tantangan Guru SMK Abad 21. Direktorat pembinaan pendidik & tenaga kependidikan menengah kemendikbud. Purnamawati. 2011. Peningkatan Kemampuan melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi (Competency-Based Training) sebagai suatu Proses Pengembangan Pendidikan Vokasi. Jurnal MEDTEK, Volume 3, No 2. 1- 13. Rauner, F., Maurer, A., Erdwien, B., Heinemann, L., et al. 2013. Competence Development and Assessment in TVET (COMET) Theoretical Framework and Empirical Result. London: Springer Publisher. Samsul, H. 2012. Evaluasi Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Program Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, No. 2. 267-283. Smith, A. Burke, G. Long, M. & Dumbrell, T. 2008. Approaches to Measuring and Understanding Employer Training Expenditure. Australia:National Centre of Vocational Education Research (NCVER). Stevenson, J. 2003. Developing Vocational Expertise (Principles and Issues in Vocational Education. Australia:Allen & Unwin.in_ID
dc.identifier.issn2503-4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7286
dc.description.abstractTujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi competency based training (CBT) di UPT pelatihan kerja ditinjau dari hasil uji kompetensi siswa serta requitment di dunia usaha/industri. Metode digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan survey. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa pelatihan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi, mencakup yaitu: (1) hasil uji kompetensi siswa pelatihan tahun 2015; (2) data internal bursa kerja khusus (BKK) tahun 2015. Dari penelitian menunjukkan bahwa 144 lulusan dinyatakan kompeten, dengan rincian bidang kejuruan sebagai berikut: (1) kejuruan las menghasilkan 16 lulusan kompeten; (2) kejuruan instalasi penerangan menghasilkan 32 lulusan kompeten; (3) kejuruan audio-video menghasilkan 16 lulusan kompeten; (4) kejuruan menjahit 16 lulusan kompeten; (5) kejuruan teknik kendaraan ringan (TKR) mobil bensin menghasilkan 16 lulusan kompeten; (6) kejuruan sepeda motor menghasilkan 16 lulusan kompeten; (7) kejuruan pengolahan hasil pertanian (PHP) menghasilkan 16 lulusan kompeten; (8) kejuruan komputer menghasilkan 16 lulusan kompeten. Selanjutnya data internal bursa kerja khusus (BKK) menunjukkan 105 dari 144 siswa pelatihan tahun 2015 telah terserap dunia kerja mencapai 72,92%. Kesimpulan penelitian adalah: (1) implementasi CBT di UPT pelatihan kerja optimal, ditinjau dari hasil uji kompetensi (2) implementasi CBT di UPT pelatihan kerja tidak optimal, ditinjau dari lulusan yang terserap pada dunia usaha/industri.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectimplementasi competency based trainingin_ID
dc.subjectUPT pelatihan kerjain_ID
dc.titleKesesuaian Implementasi Competency Based Training (CBT) di UPT Pelatihan Kerja Kediriin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record