Pengaruh Program Neurolinguistik Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Siswa SMAN 7 Kota Tangerang Provinsi Banten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program
Neurolinguistik (NLP) terhadap Kemampuan Menulis Paragraf. Penelitian
dilaksanakan di SMANegeri 7 kota Tangerang, provinsi Banten pada siswa kelas
XI tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7
kota Tangerang, sedangkan sampelnya terdiri dari 2 kelas, masing-masing kelas
berjumlah 30 orang. Kelas eksperimen adalah kelas yang menggunakan metode
NLP, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang tidak menggunakan metode NLP.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan
metode NLP terhadap kemampuan menulis paragraf siswa kelas XI SMA Negeri
7 kota Tangerang provinsi Banten.