Pengembangan Soal Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa
View/ Open
Date
2016-05-16Author
Martani, Bhekti Tulus
Murtiyasa, Budi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal PISA konten quantity yang valid dan praktis dalam bahasa Indonesia serta memiliki efek potensial untuk mengukur penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini memerlukan dua tahap yaitu preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group dan field test. Teknik pengumpulan data berdasarkan walktrough, dokumen, tes dan wawancara. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan penilaian. Setelah melalui tahap one-to-one, small group dan validasi secara deskriptif, soal diujicobakan pada tahap field test di kelas IX SMP N 1 Jatiroto. Hasil tes secara keseluruhan dengan nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis 68,3, termasuk pada kategori kemampuan penalaran matematis yang baik, walaupun masih ada siswa yang memiliki penalaran matematis cukup dan kurang baik. Namun dari hasil ini juga dapat dikatakan bahwa soal model PISA yang dikembangkan dikategorikan kriteria valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap penalaran matematis siswa.