Gaya Berpikir Matematika Siswa Dalam Penyelesaian Soal Cerita
View/ Open
Date
2016-05-16Author
Haryati, Sri
Masduki
Kholid, Muhammad Noor
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan gaya berpikir matematika siswa dalam penyelesaian soal cerita. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif. Waktu penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian guru dan siswa SMP Negeri 1 Kunduran. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dengan metode tiga alur. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menyatakan (1) Siswa yang memiliki gaya berpikir analitik dalam menyelesaikan soal khususnya bangun ruang sisi datar cenderung lebih suka menyelesaikan soal menggunakan rumus dengan mengubah kedalam bentuk kalimat matematika, hal tersebut dikarenakan siswa tidak suka menggambar; (2) Siswa yang memiliki gaya berpikir visual dalam menyelesaikan soal khususnya bangun ruang sisi datar cenderung menggunakan gambar terlebih dahulu karena suka menggambar dan tidak suka untuk menghafal rumus; (3) Siswa yang memiliki gaya berpikir terintegrasi dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi datar dapat menggunakan kedua cara tersebut ada yang menggunakan gambar dan ada yang menggunakan rumus. Namun, siswa tersebut cenderung menggunakan rumus terlebih dahulu baru kemudian diperjelas menggunakan gambar