Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Pisa Melalui Penerapan Problem Based Learning (PTK Siswa Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah Kartasura)
View/ Open
Date
2016-05-15Author
Sutaryono, Mega Astuti
Khotimah, Rita Pramujiyanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis PISA dengan subjek siswa kelas XI OC SMK Muhammadiyah Kartasura tahun ajaran 2015/2016 melalui strategi Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemecahan masalah berbasis PISA dilihat dari: 1. Menunjukkan pemahaman masalah berbasis PISA dari sebelum tindakan 5 siswa (22,73 %) setelah tindakan meningkat menjadi 13 siswa (59,09%) 2. Memilih pendekatan dan metode pemecahan masalah berbasis PISA secara tepat dari sebelum tindakan 3 siswa (13,64 %) setelah tindakan meningkat menjadi 13 siswa (59,09%) 3. Menyelesaikan masalah berbasis PISA dari sebelum tindakan 6 siswa (27,27 %) setelah tindakan meningkat menjadi 14 siswa (63,64%). Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika berbasis PISA