Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Jigsaw dan Bamboo Dancing Serta Motivasi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran Jigsaw dan Bamboo Dancing terhadap hasil belajar. (2) pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar. (3) interaksi antar strategi pembelajaran Jigsaw dan Bamboo Dancing serta motivasi terhadap hasil belajar. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian diambil dengan Cluster random sampling dari populasi seluruh siswa kelas X SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, tes dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan α=5%. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran Jigsaw dan Bamboo Dancing terhadap hasil belajar, strategi pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada strategi pembelajaran Bamboo Dancing(2) tidak ada pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar. (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran Jigsaw dan Bamboo Dancing serta motivasi terhadap hasil belajar.