Dampak Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika
View/ Open
Date
2016-05-15Author
Aini, May Syarah Nur
Sutarni, Sri
Kholid, Muhammad Noor
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan strategi Discovery Learning (DL) terhadap hasil belajarmatematika, (2) pengaruh tingkat kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajarmatematika, (3) interaksi antara strategi Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) serta tingkat kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajarmatematika.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimental semu.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genapMTs Negeri Surakarta II tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.Pengumpulandata menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang dikenai strategi pembelajaran PBL lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran DL, (2) Hasil belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif sedang dan rendah, serta hasil belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif sedang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif rendah(3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran PBLdan DLditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika