Kajian Konseptual Problem Solving pada Perkuliahan Fisika Dasar I
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Buhungo, Trisnawaty J.
Prabowo
Prastowo, Tjipto
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penting pendidikan adalah membangun kemampuan manusia untuk menggunakan pengetahuannya,
bagaimana pebelajar mengakses dan menggunakan pengetahuannya dalam pemecahan masalah. Bagi individu
atau kelompok yang mendapatkan masalah, sudah barang tentu mereka ingin memecahkan masalah tersebut, dan
pemecahan masalah merupakan sesuatu yang dilakukan orang setiap hari. Ilmu fisika merupakan salah satu ilmu
yang penting untuk diajarkan di perguruan tinggi yang memerlukan pengembangan kemampuan problem solving
dalam memecahkan sejumlah masalah fisika secara tepat oleh pebelajar. Berdasarkan tahapan yang dikemukakan
Heller (2010) tentang tahapan problem solving yaitu fokus pada masalah, mengaitkan masalah dengan konsep
fisika, merencanakan solusi, menjalankan rencana dan evaluasi solusi, dikembangkan instrumen yang dilengkapi
rubrik untuk mengukur keterampilan problem solving dengan 5 indikator yaitu: useful description (penjelasan
yang bermanfaat), physics approach (pendekatan fisika), specific application of physics (penerapan khusus
fisika), mathematical procedures (prosedur matematika) dan logical progression (kemajuan yang logis). Rubrik
dikembangkan dalam batasan yang mudah digunakan untuk pengajar fisika, dan dapat digeneralisasikan ke
beberapa jenis masalah dan topik, serta fokus pada pekerjaan tertulis.