Pengaruh Model Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Danisa, Valent Sari
Dwiastuti, Sri
Suciati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry terhadap kemampuan berpikir
kritis pada pembelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Penelitian ini merupakan
penelitian quasi experiment atau eksperimen semu. Desain penelitian adalah posttest only control design dengan
menggunakan model guided inquiry pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Populasi
dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Teknik pengambilan sampel
dilakukan secara cluster random sampling. Sampel penelitian ini terdapat dua kelas, yaitu kelas X.1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t (t-test) untuk menguji hipotesis.
Hasil uji hipotesis pengaruh model guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai sig sebesar
0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model guided inquiry terhadap kemampuan berpikir
kritis pada pembelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali.