• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Instrumen Penilaian Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Metodologi Penelitian Berbasis Lesson Study

    Thumbnail
    View/Open
    98.pdf (873.3Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Sari, Fatimah Nurmala
    Susilo, Herawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kehidupan masa depan menuntut peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan hidup abad 21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan tersebut dibutuhkan untuk menghadapi berbagai masalah kehidupan dengan cara-cara yang unik dan orisinil. Salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan ini adalah dengan menyisipkannya dalam pembelajaran. Peta pikiran atau yang dikenal dengan Mind mapping adalah salah satu teknik belajar yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas yang merupakan hasil olah pikir kreatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson study diterapkan dengan tujuan meningkatkan kreativitas mahasiswa calon guru biologi pada matakuliah Metodologi Penelitian semester ganjil 2015/2016 melalui penggunaan teknik mencatat Mind mapping. Kriteria penilaian yang digunakan dalam pembuatan Mind Map ini adalah kata kunci, tingkat cabang, desain warna, penggunaan simbol atau gambar, serta kelengkapan materi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari tahapan plan, do, dan see. Analisis data dilakukan dengan memperhatikan pertumbuhan nilai hasil pembuatan Mind Map dari sebelum tindakan, setelah siklus I dan setelah siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan kemampuan pembuatan Mind Map mahasiswa, yaitu dari rerata 62% sebelum tindakan menjadi 72, 2% pada akhir siklus I dan 85,6% pada akhir siklus II. Kegiatan Lesson Study terlaksana dengan baik yaitu dengan rerata keterlaksanaan tahap plan adalah 94%, tahap do adalah 93% tahap see adalah 100%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7987
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV