Penggunaan Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Instrumen Penilaian Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Metodologi Penelitian Berbasis Lesson Study
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Sari, Fatimah Nurmala
Susilo, Herawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Kehidupan masa depan menuntut peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan hidup abad 21
salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan tersebut dibutuhkan untuk menghadapi
berbagai masalah kehidupan dengan cara-cara yang unik dan orisinil. Salah satu cara untuk mengembangkan
keterampilan ini adalah dengan menyisipkannya dalam pembelajaran. Peta pikiran atau yang dikenal dengan
Mind mapping adalah salah satu teknik belajar yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas yang
merupakan hasil olah pikir kreatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson study diterapkan dengan
tujuan meningkatkan kreativitas mahasiswa calon guru biologi pada matakuliah Metodologi Penelitian semester
ganjil 2015/2016 melalui penggunaan teknik mencatat Mind mapping. Kriteria penilaian yang digunakan dalam
pembuatan Mind Map ini adalah kata kunci, tingkat cabang, desain warna, penggunaan simbol atau gambar, serta
kelengkapan materi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan
tiap pertemuan terdiri dari tahapan plan, do, dan see. Analisis data dilakukan dengan memperhatikan
pertumbuhan nilai hasil pembuatan Mind Map dari sebelum tindakan, setelah siklus I dan setelah siklus II. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan kemampuan pembuatan Mind Map mahasiswa, yaitu dari rerata
62% sebelum tindakan menjadi 72, 2% pada akhir siklus I dan 85,6% pada akhir siklus II. Kegiatan Lesson Study
terlaksana dengan baik yaitu dengan rerata keterlaksanaan tahap plan adalah 94%, tahap do adalah 93% tahap
see adalah 100%.