• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang

    Thumbnail
    View/Open
    111.pdf (421.2Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Ardiansyah, Reza
    Corebima, Aloysius Duran
    Rohman, Fatchur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran yang dapat membantu kelancaran belajar mahasiswa. Matakuliah genetika merupakan matakuliah yang diajarkan di Universitas Negeri Malang pada jenjang S1 program studi Biologi maupun Pendidikan Biologi. Bahan ajar yang ada saat ini memiliki kelemahan antara lain bahasa dan konsep-konsep penting yang harus dikuasai kurang dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa, sehingga perlu adanya bahan ajar yang menyajikan konsep penting yang dapat dipelajari secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahan ajar yang perlu dikembangkan pada topik Perubahan Materi Genetik matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2013 Universitas Negeri Malang. Sampel dipilih secara acak sebanyak 20 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi proses perkuliahan genetika dan angket mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa pustaka yang digunakan dalam perkuliahan Genetika selama ini masih merupakan sumber-sumber lama berbahasa asing sehingga diperlukan bahan ajar baru yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman konsep genetika lebih baik lagi. Hasil analisis angket kebutuhan pengembangan bahan ajar menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar berbahasa Indonesia yang mudah dipahami, dilengkapi dengan gambar-gambar yang menunjang materi pembelajaran, berisi tentang temuan terbaru yang berkaitan dengan materi pembelajaran, serta terdapat glosarium yang berisi istilah-istilah dalam bidang genetika. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar berupa modul. Modul dipilih karena dapat memfasilitasi mahasiswa untuk belajar, baik dengan pendidik maupun secara mandiri. Modul merupakan bahan ajar yang dikemas secara utuh dan skematis. Studi ini juga merupakan bagian dari studi pengembangan modul sebagai bahan ajar pada topik Perubahan Materi Genetik matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8009
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV