Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Problem Based Learning dan Numbered Head Together serta Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar. (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian diambil dengan Cluster random.sampling sehingga sampel yang di dapatkan yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dari populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan α=5%. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar. (2) tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.