Analisis Kemampuan Representasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Baki
View/ Open
Date
2017-05-14Author
Saputri, Mentari Dwi
Masduki, Masduki
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baki dalam menyelesaikan soal himpunan. Kemampuan representasi matematis yang diteliti meliputi kemampuan representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan representasi kata atau teks tertulis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengadopsi teknik analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan nilai di atas KKM mempunyai (a) kemampuan representasi visual yang sudah baik dalam menyelesaikan soal himpunan, (b) kemampuan representasi persamaan atau ekspresi matematis cukup baik, dan (c) kemampuan representasi kata atau teks tertulis yang masih kurang. (2) Siswa dengan nilai di bawah KKM mempunyai (a) kemampuan representasi visual yang sudah baik dalam menyelesaikan soal himpunan, (b) kemampuan representasi persamaan atau ekspresi matematis masih tergolong kurang baik, dan (c) kemampuan representasi kata atau teks tertulis masih kurang.