Show simple item record

dc.contributor.authorErvina, Darti
dc.contributor.authorHW, Slamet
dc.date.accessioned2017-06-17T02:04:18Z
dc.date.available2017-06-17T02:04:18Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Ag, Moch. Masykur dan Abdul Halim Fathani. 2007. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulanggi Kesulitan Belajar. Jogjakarta: Ar-ruzz Media [2] Muchlis, Effie Efrida. 2012. “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang.” Jurnal Exacta 10(2).Diakses 24 Oktober 2016. (http://www.respository.unib.ac.id/519/1/08.%20Effie%20Effrida%20Mukhlis.pdf) [3] Hamimah, Siti Nur. 2013. “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik yang Menggunakan Cara Belajar Latihan dengan Belajar Kelompok.” Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo 1(1).Diakses 24 Oktober 2016. (http://lppm.stkip-sidoarjo.ac.id/files/Perbedaan-Hasil-Belajar-Matematika-Peserta-Didik-yang-Menggunakan-Cara-Belajar-Latihan-dengan-Belajar-Kelompok,pdf) [4] Sutrisno, Valiant Lukad Perdana dan Budi Tri Siswanto. 2016. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pemebelajaran Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Vokasi 6(1).Diakses 24 Oktober 2016. (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/articleview/file//8118/6872) [5] Jamil, Husnan dan Fefri Indra Azra. 2014. “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Solok Selatan.” Journal of Economic and Economic Education 2(2).Diakses tanggal 1 November 2016. (http://www.download.portalgaruda.org) [6] Yensy. B, Nurul Astuty. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP N 1 Arggamakmur.” Jurnal Exacta 10(1) .Diakses 24 Oktober 2016. (http://www.respositry.unib.ac.id/490/1/04.%20Isi%20Vol%20X%202012%20-%Nurul%20Astuty%20Yensi%20024-035.pdf) [7] Sutama, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media. [9] Udo, Mfon Effiong. 2011. “Effects of Problem Solving, Guided-Discovery and Expository Teaching Strategies on Students’ Performance in Redox Reactions.” An International Multidisciplinary Journal 5(4). Diakses pada 5 Maret 2017 (http://afrrevjo.net/journal/multidiscipline/vol_5_num_4_art_19_mfonudo.pdf)in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8797
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui:(1) Pengaruh pembelajaran matematika dengan strategi ekspositori dan STAD terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, (3) Pengaruh penggunaanstrategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 1 Gatak tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama. Hasil yang diperoleh dari analisis data dengan taraf signifikansi α = 5% yaitu: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaranterhadap hasil belajar matematika siswa. (2) Tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) Tidak ada interaksi strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectekspositoriin_ID
dc.subjecthasil belajar matematikain_ID
dc.subjectmotivasi belajar siswain_ID
dc.subjectStudent Teams Achievement Divisionin_ID
dc.titleEksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Ekspositori dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 1 Gatak Tahun Pelajaran 2016/2017in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record