Show simple item record

dc.contributor.authorArba'a, Marhaendra Des'a
dc.contributor.authorYuniarsih, Indri
dc.contributor.authorNurfitriani, Herdana
dc.contributor.authorFathimah, Aprilia Euis
dc.contributor.authorAgustin, Evana
dc.date.accessioned2017-07-20T07:18:16Z
dc.date.available2017-07-20T07:18:16Z
dc.date.issued2017-05-22
dc.identifier.citationAmaliah. Dini. 2015. Pengaruh Partisipasi Pendidikan Terhadap Persentase Penduduk Miskin. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 2. No 3 Nopember 2015: 231-239 BPS Wonogiri. 2015. Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Wonogiri Tahun 2010-2014. (https://wonogirikab.bps.go.id) (diakses 28 april 2017 Pukul 13.30 WIB) Gredler. Margaret E. 2011. Learning and Instruction. Jakarta: Kencana. Tim Ahli Seknas Jokowi. 2014. Jalan Kemandiriran Bangsa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Tukino. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2006. Implementasi Manajemen Berbasisi Sekolah. United Nations Development Program Indonesia. 2016. (http://www.id.undp.org/ ) (diakses 8 mei 2017 Pukul 10.00 WIB)in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-072-3
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9021
dc.description.abstractPenelitian dilakukan di Kabupaten Wonogiri yang mempunyai IPM menurut Bapeda litbang pada tahun 2014 terendah se-Eks Karisidenan Surakarta Salah satu Parameter Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah pendidikan, Pendidikan mempunyai peran penting dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia dan mengangkat orang keluar dari kemiskinan, pendidikan memberikan kontribusi untuk mentransformasi masyarakat dalam mewujudkan pembangunan wilayah yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pendidikan di Kabupaten Wonogiri dan sebaran indikator pendidikan melalui pendekatan multidispliner untuk pembangunan berkelanjutan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mendeskripsikan dan menggambarkan indikator-indikator pendidikan dan non pendidikan kedalam suatu kesinambungan yang menghasilkan sebuah hasil kajian dalam penelitian ini. Hasil analisa kualitas pendidikan di Kabupaten Wonogiri dengan pendekatan multidispiliner pada tahun 2014-2016, ditunjukkan pada indikator angka partisipasi kasar mengalami peningkatan pada tahun 2014-2015 sebesar 27,26 %. Namun, terjadi adanya penurunan dari tahun 2015-2016 sebesar 0,3%. Angka partisipasi murni terdapat peningkatan pada tahun 2014-2015 sebesar 1 %, serta terjadi penurunan dari tahun 2015-2016 sebesar 0,60%. Kemampuan membaca dan menulis huruf latin tahun 2014 sebesar 46,41%, dan pada tahun 2015 sebesar 47,55%. Jumlah angkatan kerja yang pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengalami peningkatan, jumlah angkatan yang bekerja tahun 2014 dan 2015 sebesar 516.294 jiwa dan 505.043 jiwa. Jumlah angkatan kerja yang mencari pekerjaan pada tahun 2014 sampai tahun 2015 pun mengalami penurunan, pada tahun 2014 menunjukkan angka 18.431 jiwa dan tahun 2015 menunjukkan angka 16.015 jiwa. Simpulan penelitian mengungkapkan bahwa mutu atau kualitas pendidikan yang terdapat di Kabupaten Wonogiri mempengaruhi besarnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah tersebut. Nilai IPM Kabupaten Wonogiri pada tahun 2014-2016 mengalamii peningkatan .in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectpendidikanin_ID
dc.subjectkualitas pendidikanin_ID
dc.subjectIndeks Pembangunan Manusia (IPM)in_ID
dc.titleAnalisa Kualitas Pendidikan dan Pendekatan Multidispliner Pendidikan dalam Pembangunan Wilayah Berkelanjutan di Kabupaten Wonogiriin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record