Praktik Belajar yang Baik Melalui Manajemen Kurikulum Sekolah Alam
View/ Open
Date
2017-05-13Author
Gunansyah, Ganes
Saputri, Nikita Dyah Ayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kurikulum
dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah alam. Metode yang digunakan
adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumen. Hasil penelitian
menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berlangsung dengan
baik. Diketahui faktor pendukung yang memberikan kontribusi dalam manajemen
kurikulum diantaranya kerjasama antar guru yang kompeten, kerjasama antar
komponen sekolah, dukungan sarana prasarana yang memadai serta bentuk
partisipasi wali murid dengan sekolah. Sementara faktor penghambat kesadaran
masyarakat tentang konsep sekolah, sarana prasarana umum yang dijadikan
secara bergantian, kondisi psikologis siswa yang beragam serta pendidikan guru
yang tidak sesuai dengan bidangnya.