Show simple item record

dc.contributor.authorWiyoko, Tri
dc.date.accessioned2017-11-03T02:29:19Z
dc.date.available2017-11-03T02:29:19Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationAnam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Depdiknas. 2007. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta Pusat:www.puskur.net Ikhsan, Muhammad. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Wera Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Jurnal Inkuiri. ISSN: 2252-7893, Vol 5, No. 1, 2016 (hal 133-142). Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta Khatib, Mohammad dan Alizadeh, Iman. 2012. CriticalThinkingSkillsthroughLite raryandNonLiteraryTextsinEnglishClasses. International Journal of Linguistics. ISSN 1948-5425. Vol. 4, No. 4. 2012. McDaniel, S. & Green, L. 2012. Independent InteractiveInquiryBasedLearningModulesUsingAud io-VisualInstruction In Statistics. Journal of Education, (Online), 6(1): 2-18, (http://www.escholarship.org/uc/it em/322385kq). Novana, Tri. 2014. PengembanganModulInkuiriTerbi mbingBerbasisPotensiLokalPada MateritumbuhanLumut (Bryophyta) danTumbuhanPaku (Pteridophyta). Surakarta: UniverisitasSebelasMaret Surakarta. JURNAL INKUIRI. Matthew, Bakke M& Kenneth, Igharo O.2013. A Study On The Effects Of Guided Inquiry Teaching Method On Students Achievement In Logic. University of The Gambia. International Researcher Volume No.2 Issue No. 1 March. McDaniel, S. & Green, L. 2012. Independent InteractiveInquiryBasedLearningModulesUsingAud io-VisualInstruction In Statistics. Journal of Education, (Online),6(1):2-18, (http://www. escholarship.org/uc/item/322385k q), diakses 6 Maret 2013. Michael Kuboja, Joshua dan Baraka M. Ngussa (2015),Affective Learning and Cognitive Skills Improvement:Experience of Selected Schools in Arusha, Tanzania. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development April 2015, Vol. 4, No. 2 ISSN: 2226-6348. Prastowo, Andi. 2011. PanduanKreatifMembuatBahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA press Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung; Kencana Prenada Media Group. Wang, Pi-Hsia (2013). “The Learning Effectiveness Of Inquiry-Based Instruction Among Vocational High School Students”. Educational Research International . ISSN-L:23073713,ISSN: 2307-37212 Vol. 2 No.2 October 2013. Wardani, S., Nurhayati, S., &Safitri, A. 2016.The Effectiveness of the Guided Inquiry Learning Module towards Students’ Character and Concept Understanding.International Journal of Science and Research (IJSR),5 (6). (Online),(https://www.ijsr.net/arc hive/v5i6/NOV164512.pdf), Winarni.2013. PengembanganModulBerbasisInk uiriTerbimbingPadaPokokBahasa n Kalor Untuk SMA/MA Kelas X. Tesis program pascasarjana UNS 2013.in_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9374
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tema sistem gerak manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode trueexperimentaldesign bentukposttest-onlycontroldesign. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2015/2016. Hasil belajar IPA diukur melaluiposttest.Analisis uji yang digunakan adalah uji-t independent samples test.hasil penelitian menunjukkan 77,61% siswa kelas eksperimen yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 76, sedangkan kelas kontrol hanya 67,38%. Kemudian hasil uji-t Independent Samples Test menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai taraf siginikansinya (0,002< 0,005). Sehingga modul IPA berbasis inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Selain itu, modul IPA juga efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dengan kategori sangat baik dan sikap siswa dengan kategori sangat baik. Jadimodul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tema sistem gerak manusia efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectModul IPAin_ID
dc.subjectInkuiri Terbimbingin_ID
dc.subjectHasil Belajar Siswain_ID
dc.titleEFEKTIFITAS MODUL IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record