• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEEFEKTIFAN DSLM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA TERHADAP MATERI HIDROLISIS GARAM

    Thumbnail
    View/Open
    fix prosiding SNPBS 2017 Final Akhir fix deal 23 AGUSTUS_p572-p585.pdf (343.8Kb)
    Date
    2017-05
    Author
    Awaliyah, Nurratul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hidrolisis adalah reaksi yang melibatkan pemecahan ikatan dalam molekul yang menggunakan air. Reaksi dapat terjadi antara ion dan molekul air dan sering mengubah pH larutan. Karakteristik yang dimiliki materi hidrolisis garam adalah konsep konkrit dan konsep terdefinisi.Pemahaman kimia membutuhkan kemampuan berpikir dengan menggunakan tiga tingkat yang berbeda namun saling berkaitan yaitu representasi makroskopik, mikroskopik, dan simbolik.Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada materi hidrolisis garam. Miskonsepsi yang dialami siswa sebagai berikut: 1) siswa menganggap semua larutan garam bersifat netral 2) pada akhir reakai netralisasi, siswa menyatakan bahwa tidak ada ion H dalam larutan yang dihasilkan.Penyebab terjadinya kesalahan pemahaman dalam belajar kimia dapat ditinjau dari segi pengajar, penyebab terjadinya kesalahan pemahaman kemungkinan terletak pada metode dan pendekatan belajar yang digunakan. Salah satu model pembelajaran remedial yang berdasarkan pada tiga perspektif ontologi, epistimologi, dan motivasi adalah Dual Situated Learning Model (DSLM). DSLM merupakan suatu model yang dapat memberikan perubahan konsep dengan menciptakan disonansi dengan persepsi awal siswa. + dan ion OH -
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9379
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV