Pendidikan Karakter Melalui Program Polisi Anak Sebagai Peer Teaching di Sekolah Dasar
View/ Open
Date
2017-08Author
Amalia, Nur
Sari, Novita Wulan
Rahinosiwi, Umi Hapsari Winuryan
Susilowati, Indah
Metadata
Show full item recordAbstract
Program kepolisian anak merupakan salah satu program khusus di SD IT Muhammadiyah Al-Kautsar dalam
menerapkan pendidikan karakter kepada mahasiswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
pelaksanaan pendidikan karakter melalui program yang dapat menumbuhkan karakter positif di kalangan siswa
yang disebut program kepolisian anak. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif karena data disajikan
dalam bentuk kata; deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan analisis dokumen yang
relevan. Temuan tugas dan wewenang polisi anak membuka pintu mobil di pagi hari, mencatat nama-nama yang
tidak membacakan tertib selama pembacaan hadits dan saat shalat berjamaah, dan juga mengatur lalu lintas jalan.
Hasilnya menunjukkan bahwa program ini efektif untuk diterapkan di lingkungan sekolah dasar.