Mempersiapkan Calon Guru yang Berkualitas: Ada Apa Dengan Praktik Pedagogi di Sekolah?
Abstract
Agenda kebijakan global dalam bidang pendidikan telah mengkonsolidasikan pandangan
bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah. Salah satu solusi yang dirancang untuk
memecahkan permasalahn ini adalah dengan meningkatkan kualitas guru.Hattie (2009)
berargumen bahwa guru yang berkualitas akan mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar
siswa. Salah satu cara mewujudkannya adalah melalui implementasi kebijakan yang
memasang pagu harapan yang tinggi, namun kenyataannya profesi mengajar di Indonesia
masih dianggap sebagai status yang rendah dibanding profesi yang lain. Artikel ini bertujuan
untuk mendiseminasikan hasil penelitian Etnografi kritis yang memfokuskan pada kesilapan
antara kebijakan dan praktik dalam ranah pedagogi yang merupakan tantangan dalam
mempersiapkan calon guru yang Kompetitif secara global. Teori globalisasi Appadurai
diterapkan untuk menjelaskan adanya tantangan tersebut. Pengambil kebijakan perlu
mempertimbngkan kembali kesilapan ini sebagai bentuk perhatian terhadap ranah pedagogi.
Oleh karena itu artikel ini memberikan wawasan yang bermakna dalam perdebatan
implementasi pembelajaran siswa aktif dan penerapan IT dalam pembelajaran yang ada di
institusi pendidikan dalam mempersiapkan calon guru yang berkualitas secara lokal, nasional
dan global.