Pengembangan Model Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Profesionalisme Konselor
Abstract
Pengembangan evaluasi layanan bimbingan dan konseling, telah menjadi kebutuhan dalam
pengembangan layanan bimbingan dan konseling di dunia. Kebutuhan panduan evaluasi yang efektif
semakin dibutuhkan bagi pengembangan profesionalitas konselor. Mengingat harapan untuk
memenuhi kebutuhan tersebut, perlu dikembangkan alat evaluasi sehingga menghasilkan instrumen
model evaluasi yang efektif dan efisien untuk mendukung akuntabilitas layanan bimbingan dan
konseling. Selain mendukung akuntabilitas layanan, adalah untuk membangun kompetensi konselor
yang sesuai dengan Standar Kompetensi Konselor Indonesia. Konselor memiliki peran besar dalam
pendidikan, karena sebagai fasilitator bagi pertumbuhan dan perkembangan siswa dalam rangka
mencapai tujuan pendidikan. Adapun model evaluasi program bimbingan dan konseling
komprehensif dengan enam aspek yaitu (a) misi, (b) elemen, (c) analisa, (d) dukungan pihak
sekolah, (e) hasil, (f) mendidik. Model evaluasi program dikembangkan berdasarkan deskripsi
dan analisis visibilitas implementasi evaluasi program bimbingan dan konseling komprehensif
yang dibutuhkan. Diharapkan dengan model evaluasi, peningkatan kompetensi profesional menjadi
harapan nyata bagi profesi konselor.