Penggunaan Tekhnik “Question Cards” Dalam Meningkatkan Kemampuan Speaking Siswa SMP Muhammadiyah Mataram Kelas VII
View/ Open
Date
2017-08Author
Humaira, Humaira
Muslimin, Muslimin
Lamusiah, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan “Question Cards” dalam meningkatkan
kemampuan berbicara siswa SMP Muhammadiyah Mataram kelas VII. Penelitian ini adalah bagian dari
penelitian pre-experimental yang diistilahkan dengan pre-test and post-test group design dimana pola
pelaksanaannya berarti sample diberikan pre-test sebelum treatment dan juga diberikan post-testsetelah
treatment. Penelitian ini tidak menggunakan kelas control, hanya satu kelas sebagai kelas ekperimen. Penelitian
ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Mataram yang hanya terdiri dari satu kelas yang berjumlah 16 orang siswa. Adapun teknik
pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik
“Quest ion Cards” dalam meningkatkan kemampuan speaking siswa kelas VII SMP Muhammadiyah bisa
disimpulkan “efektif”. Hal ini dibuktikan dengan hasil score pre-test maupun post-test siswa yaitu, nilai t-test
adalah 5.313, konsultasi pada t-table di 99 % menunjuk pada angka 2.60, dapat disimpulkan bahwa
perbandingan t-test dan t-table adalah2.60≥ 5.313 atau dengan kata lain hasil test siswa melampaui standar
capaian minimum.