Profil Kreativitas Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kreativitas mahasiswa IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo semester 2 dengan jumlah 17 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni instrument pengukuran daya kreativitas yang diadaptasi dari Equence Raudsepp (PRINCETON CREATIVE RESEARCH) sejumlah 75 Soal yang kemudian dibagikan pada mahasiswa pendidikan IPA untuk kemudian dilakukan analisis dengan cara menghitung hasil dari jawaban angket yang telah diisi oleh mahasiswa dalam wujud persentase. Selanjutnya mengklasifikasikan hasil yang diperoleh dengan menggunakan skor interval kreativitas mahasiswa. Dari penelitian yang dilakukan dapat di simpulkan bahwa kreativitas mahasiswa IPA berada pada tingkatan kreativitas level tinggi, yakni 59 %, rendah 41 %, dan sangat tinggi 0%.