Karakterisik Pembelajaran Kooperatif
Abstract
Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang menekankan kepada aspek kerja sama dengan
memperhatikan karakteristik individu dalam penggunaannya. Penggunaan pembelajaran kooperatif ini akan
optimal apabila guru menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai. Namun hal yang seringterlewatkan adalah karakteristik pembelajaran kooperatif itu sendiri, di mana guru sudah melaksanakan langkahlangkah
pembelajaran kooperatif yang sesuai, namun karakteristik pembelajaran kooperatif itu sendiri
terlewatkan. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan karakteristik pembelajaran kooperatif dalam menerapkan
model-model pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan oleh guru dalam menggunakan
model-model pembelajaran kooperatif dengan memperhatikan karakteristik umum yang seharusnya ada dalam
penggunaan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif setidaknya memiliki tiga karakteristik umum,
yakni 1) siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil; 2) setiap anggota kelompok memiliki tanggung
jawab terhadap kelompoknya; dan 3) rekognisi tim. Karakteristik-karakteristik tersebut sering terlewatkan,sehingga ketika pembelajaran kooperatif berlangsung karakteristik-karakteristik tersebut tidak muncul dan
pembelajaran kooperatif hanya memunculkan karakteristik lain yang seharusnya tidak muncul.