Peningkatan Atmosfer Belajar Siswa Generasi Digital Native Melalui Pembelajaran Berbasis Game
Abstract
Siswa generasi digital native adalah mereka yang terlahir di era teknologi digital, aktivitas
yang dilakukan membutuhkan peralatan teknologi sebagai media bantu. Salah satu karakteristik
generasi digital native adalah kemampuan dalam menggunakan teknologi komputer dan mobile
smartphone dengan mudah, baik untuk menelusuri informasi maupun hiburan, seperti browsing,
chatting, dan yang paling digemari adalah bermain game melalui komputer maupun perangkat
mobile. Game mobile merupakan aplikasi game berbasis sistem komputer yang terpasang di
smartphone maupun gadget dan memungkinkan seseorang untuk memainkannya di berbagai
tempat. Dalam banyak penelitian, diungkapkan bahwa game memiliki potensi yang besar untuk
digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini sangat mungkin karena dalam game terdapat
rule (peraturan) dan task (tugas) yang harus diselesaikan untuk mencapai goal (tujuan). Dengan
memasukkan unsur pedagogik dan materi pembelajaran, game dapat menjadikan siswa (sebagai
pemain game) tidak sadar bahwa mereka sedang belajar. Atmosfer belajar pun menjadi lebih
menyenangkan karena lebih aktif dan interaktif serta tidak terpaku pada model pembelajaran
yang berpusat pada guru. Dari kajian literatur dan pembahasan tentang pembelajaran berbasis game, dapat disimpulkan bahwa penggunaan game sebagai media pembelajaran dapat digunakan
sebagai alternative untuk meningkatkan suasana belajar siswa generasi digital native.