Analisis Fungsi Internet Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris
Abstract
Penelitian ini merupakan studi tentang internet sebagai media pendidikan dalam pembelajaran
bahasa Inggris di SMA. Hadirnya internet dalam dunia pendidikan membawa nuansa baru dalam
proses belajar mengajar. Ia tidak saja berfungsi sebagai sumber informasi, tetapi juga dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menemukan
tata langkah fungsi-fungsi dasar internet sebagai media pendidikan, 2) menghasilkan teknik dan
prosedur pemanfaatan internet, 3) mendapatkan rekapitulasi tantangan yang dihadapi guru dalam
memanfaatkan internet. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif,
dengan ketentuan, (1) sasaran penelitian: guru-guru bahasa Inggris SMA Muhammadiyah yang
ada di Kepanjen dan Sumberpucung Kabupaten Malang, (2) metode pengumpulan data adalah
observasi dan interview, (3) analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik pengkodean
berbuka (open coding). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi internet sebagai media
pembelajaran bahasa Inggris di sekolah meliputi, (1) sarana akses sumber belajar (browsing dan
searching) (2) sarana pengiriman surat elektronik (e-mail), (3) sarana interaksi sosial jarak jauh
(facebook), dan (4) sarana berbagi ide dan pengalaman (blogging). Kedua, cara pemanfaatan internet sebagai media pendidikan di sekolah meliputi, (a) guru membuat persiapan tugas untuk
siswa, (b) guru menganalisis tugas berdasarkan tingkat kesulitannya, dan (c) guru mengarahkan
siswa menggunakan fasilitas internet di laboratorium TIK. Ketiga, tantangan yang dihadapi
guru dalam memanfaatkan internet meliputi antara lain, (1) terbatasnya multimedia di kelas, (2)
komputer di lababoratorium bahasa terkadang mengalami gangguan (error), (3) program yang
digunakan guru masih terbatas, (4) siswa merasa bosan karena terlalu sering menggunkan LCD,
dan (5) internet terkadang disalahgunakan sebagian siswa untuk mengakses situs tidak penting.