Pengembangan Bahan Ajar Microteaching Untuk Melatih Kompetensi Pedagogik Calon Guru Fisik
Abstract
Mahasiswa Pendidikan Fisika merupakan mahasiswa FKIP yang dicetak menjadi calon guru
Fisika yang profesional. Kompetensi yang harus dimiliki oleh calon guru yang profesional
diantaranya adalah kompetensi pedagogik (kemampuan mengelola pembelajaran).Untuk
menguasai kompetensi tersebut, calon guru perlu mengambil mata kuliah microteaching.
Pelatihan kompetensi pedagogik dapat dilakukan dengan melatihkan delapan keterampilan
dasar mengajar. Agar mahasiswa dapat menguasai delapan keterampilan dasar mengajar, perlu
dikembangkan bahan ajar microteaching. Penelitian ini merupakan penelitian multitahun dengan
jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan mengikuti model 4D. Tujuan penelitian
iniyaitu mengembangkan bahan ajar microteaching yang telah teruji tingkat kelayakannya.
Analisis data menggunakan lembar validasi ahli dan respon pengguna.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa bahan ajar microteaching yang telah dikembangkan berada pada kategori
baik dan layak digunakan dengan persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 82 %, ahli media
sebesar 78,3% , ahli bahasa sebesar 75,6 % serta hasil angket uji kelompok kecil sebesar 83,3%.
Artinya buku ajar yang telah dikembangkan dapat disebarluaskan.